RSS

About

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo



KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Hiu Paus Gorontalo - Sumber

Sebagai si Kembar Traveller yang phobia air, Eva dan Evi lebih banyak memilih destinasi wisata yang kering. Jauh-jauh deh buat tempat wisata semacam laut. Eh tapi, beberapa waktu lalu dunia media sosial heboh dengan video dan foto Hiu Paus yang ada di pantai Botubarani, Gorontalo. Menurut warga setempat, Hiu Paus ini sudah mereka temukan sekitar dua tahun lalu. Karena Hiu Paus ini sangat ramah, anak-anak sering bermain bersama mereka, para nelayan tak segan memberi mereka makan udang. Satu lagi kekayaan pesona indahnya Indonesia terungkap.

Anak-anak saja berani bermain dengan Hiu Puas ini yang berarti mereka jinak, masa Eva dan Evi takut sih? Faktanya, Hiu Paus ini hanya ada di Indonesia! Sebagai duta traveller Indonesia wannabe, kami sangat tertarik untuk berinteraksi langsung dengan Hiu Paus.

Bisakah kamu bayangkan berenang bersama ikan bercorak totol abu-abu dan putih dengan ukuran mulut selebar 85 centimeter? Karena sikapnya yang bersahabat, Eva dan Evi mungkin merasa bermain dengan lumba-lumba. Kami yang takut laut saja tergoda mengunjungi pantai Botubarani. Emm ... sebenarnya bukan di laut juga sih, karena letaknya hanya 20 meter dari bibir pantai. Kapan dan di mana lagi kamu bisa merasakan sensasi pantai bersama Hiu Paus?

Hiu Paus Gorontalo
Mengapa Whale Shark ini bisa berada di perairan Gorontalo? Masyarakat menduga hal tersebut karena keberadaan perusahaan udang yang pembuangannya mengalir ke pantai Botubarani sehingga memanggil Munggiango Hulalo—begitu penduduk sekitar menyebutnya—untuk mencari makan di sana. Hiu Paus di Gorontalo merupakan jenis Hiu Paus terbesar di dunia, yang panjangnya rata-rata 12 meter.

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Wisatawan berenang bersama Hiu Paus Gorontalo - Sumber

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Melihat potensi ekowisata yang besar ini, PT. Sido Muncul Tbk. mengambil inisiatif untuk memperkenalnya pada masyarakat umumnya, dan wisatawan mancanegara pada khususnya, lewat TVC KukuBima Ener-G! yang setiap versi iklannya concern bertema pariwisata.

PT. Sido Muncul Tbk. berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam menargetkan pariwisata di Indonesia dengan kunjungan wisman sebesar 12 juta dan devisa yang diperkirakan sebesar 172 triliun. Kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (PDB) nasional diharapkan meningkat menjadi 5% dan jumlah lapangan kerja yang tercipta meluas menjadi 11,7 juta.

Tepatnya tanggal 27 Mei 2016, bertempat di Restoran Rempah Kita, Plaza Indonesia, Jakarta, PT. Sido Muncul Tbk. meluncurkan TVC KukuBima Energ-G!, minuman berenergi versi wisata “Ayo ke Gorontalo”. Turut hadir dalam launching tersebut Pak Irwan Hidayat selaku Direktur Marketing PT. Sido Muncul, Shanti Paredes selaku brand ambassador yang sekaligus membintangi TVC KukuBima Ener-G! Hiu Puas Gorontalo, Pak Idris Rahim selaku Wakil Gubernur Gorontalo, dan Bu Esti perwakilan dari Kementrian Pariwisata.

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
(Ki-ka) Shanti, Pak Idris Rahim, Pak Irwan Hidayat, Bu Esti, dan Vega

Direktur Marketing PT. Sido Muncul Tbk, Pak Irwan Hidayat mengatakan bahwa pariwisata di Indonesia memang harus dipromosikan karena pariwisata adalah sesuatu yang berkelanjutan yang dapat mempengaruhi semua bidang dan tidak akan habis, tetapi dapat menambah Pendapatan Asli Daerah serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pak Irwan mengharapkan dengan adanya iklan bertagline ROSA! versi “Ayo ke Gorontalo” dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Selain itu produk minuman berenergi ini mengena di hati masyarakat.

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Blogger berfoto bersama Bu Esti, Pak Idris Rahim, dan Pak Irwan Hidayat

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Blogger berfoto bersama Pak Irwan Hidayat

Apa yang Pak Irwan ucapkan benar adanya, hanya dalam beberapa waktu saja, kunjungan wisatawan ke tempat Hiu Puas Gorontalo ini meningkat tajam terhitung dari pembukaan ekowisata yang diresmikan oleh Gubernur Gorontalo, Pak Rusli Habibie, sejak hari Sabtu, tanggal 2 April 2016.

Menurut Wagub Gorontalo, Pak Idris Rahim, di Gorontalo banyak destinasi wisata dan kekayaan kuliner. Wisatawan bisa mengunjungi tempat-tempat dan makanan tersebut.

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Pak Wagub Gorontalo, Idris Rahim

Bu Esti dari Kementrian Pariwisata mengajak berbagai pihak, tidak hanya PT. Sido Muncul Tbk. tetapi awak media dan blogger untuk mempromosikan Hiu Paus Gorontalo dan tempat wisata lainnya.

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Bu Esti dari Kementrian Pariwisata

Tak kalah semangat, Shanti memaparkan pengalamannya saat syuting TVC KukuBima Ener-G! versi “Ayo ke Gorontalo”. Shanti memang pemberani, berenang ke sana ke mari selama tiga jam setengah agar mendapat gambar yang bagus sampai-sampai tidak menyadari bahwa Hiu Paus ini besarnya beberapa kali lipat darinya. Keren ya, Shanti? Kalau Eva dan Evi yang jadi bintang iklannya udah nangis di pojokan pantai hi hi hi.

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Shanti, brand ambassador KukuBima Ener-G!

Yuk, tonton TVC KukuBima Ener-G! versi “Ayo ke Gorontalo” yang kece!


Aturan Wisata Hiu Paus Gorontalo
Buat kamu yang ingin melihat secara langsung dan bermain bersama Hiu Paus Gorontalo ada baiknya mengetahui sejumlah aturan wisatanya. Satu, tidak boleh menyentuh Hiu Paus, kamu harus berjarak minimal 7 meter. Dua, tidak boleh membawa makanan dari luar karena nelayan dan masyarakat telah menyediakan udang. Ini juga berarti kamu telah membantu perekonomian penduduk sekitar.  

Tiga,tidak boleh membuang sampah sembarangan, jadi kamu mesti punya inisiatif mempersiapkan plastik atau wadah sampah lainnya meskipun pemerintah sudah menyediakan kantong-kantong sampah. Empat, setiap kelompok yang naik perahu sewaan nelayan hanya mendapat waktu sekitar 30 menit untuk menikmati ekowisata ini, dan hanya boleh menyelam selama 15 menit saja. Lima, bagi kamu yang ingin memotret dan memvideokan kencantikan Hiu Paus tidak boleh menggunakan lighting.

Peraturan Desa atau PERDES ini dibuat agar Hiu Paus tidak stress menerima kunjungan wisatawan. Hiu Puas adalah hewan langka yang dilindungi Undang-undang, maka kita harus bekerja sama untuk melestarikannya. Hiu Paus termasuk binatang yang dalam masa reproduksinya melahirkan satu ekor saja dan termasuk binatang yang lamban bertumbuh. Mereka mencapai kedewasaan dalam kurun waktu 25 tahun.

Jangan lupa persiapan saat traveling ke Pantai Botubarani, Gorontalo ini membawa sun block dan tentu saja KukuBima Ener-G! agar saat menyelam tubuhmu senantiasa berenergi. Oke, Eva dan Evi bertekad menabung biar bisa ke perairan Gorontalo. Ehm ... atau tidak menolak loh kalau pemerintah Gorontalo mengundang si kembar traveller ini buat pergi ke sana *\^^/*

KukuBima Ener-G! Perkenalkan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo
Ayo ke Gorontalo lihat Hiu Paus


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

9 komentar:

noniq mengatakan...

Teh, hayuk ke Gorontalo!!!!

Fanny f nila mengatakan...

Ihhh hiunya memang ga serem samasekali. Mukanya lucu , kyk lg senyum juga :D. Moga2 g ada org2 jahat yg mengganggu kelestarian hiu ini yaa :)

Lily Kanaya Widjaja mengatakan...

Wah mau banget kalo ada kesempatan berenang sam Hiu Paus yang lucu ini hihi

Pakde Cholik mengatakan...

Jadi kepingin ikut wisata itu. Maklum saya belum pernah melihat hiu, apalagi yang raksasa.
Terima kasih infonya
Salam hangat dari Surabaya

Ade Anita mengatakan...

Wahh..asyik banget kalo bisa sampai ke sulawesi ...

Rifka Giovani mengatakan...

indah nya, andai gorontalo itu dekat dengan jakarta #ehhh
tapi ada baiknya jauh dari kota besar deh dh, kalau enggak nanti yang ada malah tambah sumpek dan sampah malah nambah banyak #lahh-curhat

salut dengan keanekargaman hayati Indonesia :))

buleipotan.com

Tira Soekardi mengatakan...

pak Irwan ini memang hebat, membantu banyak hal dan bidang

Horas mengatakan...

Uhuk..saya juga gak nolak kok kalo diajak travelling ke Gorontalo nemenin si kembar :p

ali shodiqin mengatakan...

mulutnya ikan sebesar itu, nelan manusia bisa tuh, harus berhati2...

Posting Komentar